Pendidikan yang Baik


Saya datang di Indonesia tiga bulan lalu untuk bekerja sebagai penasihat pendidikan. Saya berasal dari Kalifornia di Amerika Serikat. Sebelum datang di Indonesia, saya tinggal di kota Washington, DC selama empat tahun.

Selama tinggal di kota Washington, saya mengurus proyek pendidikan. Sebelum itu, saya guru untuk murid SMP di Afrika, Spanyol, dan Amerika selama lima tahun.

Saya pikir pendidikan adalah penting sekali agar bisa mencari pekerjaan yang baik. Di Indonesia, ada dua tipe pekerjaan, formal dan informal. Orang yang bisa masuk sekolah swasta atau sekolah negeri bagus punya lebih banyak kesempatan daripada orang desa. Orang miskin atau dari desa tidak punya akses dan harus bekerja.

Orang Indonesia yang masuk universitas bisa membuat keputusan tentang profesi mereka. Mereka bisa bekerja sebagai guru, dokter, wartawan, perawat, pramugari, hakim, dosen, atau pengusaha. Kebanyakan orang yang lulus dari universitas bekerja untuk perusahaan swasta, tetapi yang paling popular pegawai negeri. Bekerja untuk pemerintah adalah popular sekali karena karyawan menerima uang pensiun, dihormati, dan ada sedikit kompetisi untuk promosi.

Kebanyakan orang Indonesia yang tinggal di desa dan tidak punya pendidikan tingkat tinggi sehingga mereka kebanyakan bekerja di pekerjaan informal. Beberapa orang keluar dari sekolah sesudah tingkat 1 SMP untuk membantu keluarganya. Kebanyakan orang bekerja sebagai penjual di pasar atau toko, pembatik, atau sopir (swasta, bis, taksi, dll.). Tergantung di mana mereka tinggal, beberapa bekerja sebagai petani, tentara, atau nelayan.

Di Yogyakarta ada banyak orang yang bekerja di pekerjaan informal. Contohnya orang bekerja sebagai tukang becak, tukang roti, tukang sampah, dan pembantu. Biasanya orang tidak punya banyak pendidikan sehingga menerima gaji lebih kecil daripada orang yang punya banyak pendidikan. Makin tinggi pendidikan makin banyak kesempatan.

Saya berharap bisa membantu anak-anak di Indonesia tinggal di sekolah sehingga mereka punya banyak kecakapan, lebih banyak pengetahuan, dan cukup waktu untuk bermain.

Brenda Sinclair


Comments are closed.

