Kota Jogjakarta


Sejak masa dulu Jogja adalah kota kebudayaan, kesenian, dan pendidikan. Di sana ada banyak warisan kebudayaan. Katanya dahulu di sana ada seratus kampus. Lagipula jogja adalah kerajaan sultan.

Dulu Jogja adalah sebuah ibukota di Indonesia. Di sana Masih tinggal seorang sultan. Dia adalah seorang gubernur di jogja. Orang-orang jogja menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Jumlah populasi kota Jogja 3,5 juta penduduk. Jalan Malioboro adalah jalan utama di jogja. Di sana ada banyak pasar tradisional. Khususnya ada banyak toko di sana. Di Jalan Mariobolo ada banyak sepeda motor. Orang-orang di sana sangat ramah. Sekeliling Jalan Malioboro ada banyak becak dan andong. Di Jogja ada banyak rumah bubin. Orang-orang di jogja beragama macam-macam. Agama Islam, agama Keristen, agama Katolik, agama Budha, agama Hindhu. Jogja adalah sebuah kota yang indah dan damai.

Perbandingan Antara Kota di Korea dengan Kota Jogja (Jogjakarta=Gyeongju)

Kota Jogja mirip (hampir sama) dengan sebuah kota di Korea, namanya Gyeongju. Kota Gyeongju adalah sebuah kota pendidikan di Korea. Gyeongju adalah ibu kota pada zaman dulu masa Dinasti Sila. Di sana masih ada banyak warisan kebudayaan. Khususnya ada banyak kebudayaan Budha. Gyeongju adalah sebuah kota yang indah. (“Kota Jogja di Korea adalah kota Gyeongju”)

Saya dan teman-teman saya yang kursus di Wisma Bahasa telah dibawa berjalan-jalan di kota Yogyakarta pada 30 Juni 2007. kota Yogyakarta, dengan segala sejarahnya terlalu menarik untuk dikaji. Tidak lengkap berwisata ke Indonesia jika tidak berwisata di Yogyakarta, atau Jogja. Kota ini dibangun ratusan tahun dan pernah menjadi pusat kerajaan Mataram kira-kira lima ratusan tahun dulu sampai sekarang. Kraton, atau istana sultan masih ada dan menjalankan fungsinya.

Jogja punya banyak universitas, mungkin banyaknya 30 buah. Di jogja juga merupakan lokasi banyaknya mahasiswa. Sebab itu banyak toko-toko di jogja yang menjual barang murah !

(Kim Jae-Hun, eks murid, Diplomat Korea Selatan)

Comments are closed.

%d bloggers like this: