Prefiks Me(N)-


Prefiks me- sangat produktif dalam bahasa Indonesia. Prefiks ini sering dipakai dalam tulisan maupun dalam percakapan. Dalam bahasa percakapan (informal stuation) kadang-kadang tidak dipakai.

The prefix me- is very productive in bahasa Indonesia. Prefix me- is often used in writing both in speaking communication. Sometime in speaking communication (informal situation) prefix me- is often dropped.

Sebelum kita belajar membuat kalimat dengan memakai prefiks me-, perhatikan dulu cara membentuk prefiks me-. Prefiks me- bisa menjadi: mem-, men-, meny-, me-, meng- dan menge- .

Before we learn how to use prefix me-, please notice the forming of prefix me-. Prefix me- may become: mem-, men-, meny-, me-, meng- or menge- depending on the initial of the root word. Below are some rules for guidance:

a. Become mem-, when the root word begins with b, p, f,v (p is dropped)

Saya lupa membawa kamera saya.

bawa = bring

Tony memotong kue.

potong = cut

– Mereka memfokuskan diskusi pada topik politik.

focus = focus

– Pengadilan memvonis penjahat itu.

vonis = verdict

b. Become men-, when the root word begins with t,d,j,c (t is dropped)

– Mereka mendengar suara pesawat.

dengar = hear

– Henry suka menonton film Indonesia.

tonton = watch

– Pak Ben menjual mobilnya.

jual = sale

Bapak sedang mencuci baju kami.

cuci = wash

c. Become meny– when the root word begins with s (s is dropped)

– Budi menyapu lantai.

sapu = broom

d. Become me- when the root word begins l,m,n,r,w,y

– Pak Leo suka melukis gunung.

lukis = paint

– Hari ini Pak Pahing memasak sayur.

masak = cook

– Ayo, kita menyanyi.

nyanyi = sing

– Perawat itu merawat pasien dengan baik sekali.

rawat = nurse

e. Become meng- when the root word begins k,g,h and all vowel (k is drooped)

– Bapak mengirim surat.

kirim = send

– Adik nenggosok gigi.

gosok = brush

– Kasir itu sedang menghitung uang.

hitung = count

– Siapa yang mengambil buku saya?

ambil = take

– Saya akan mengundang Anda ke pesta saya.

undang = invite

– Keluarga saya menginap di hotel.

inap = stay at night

f. Become menge- when the rootword consist of one sylable.

– Ibu mengecat dinding rumah.

cat = paint

– Pesawat itu mengebom musuh.

bom = bomb

Latihan

a. Temukan kata dasar kata yang digaris bawahi! Find the root word of the underlined word below!

1. Sejak berumur 12 tahun dia pintar sekali menari.

(……………………)

2. Kalau saya punya uang saya akan membeli mobil itu.

(……………………)

3. Sebelum pergi, ibu mencium anaknya.

(……………………)

4. Jangan melempar anjing itu!

(……………………)

5. Mbak Priska akan mengurus surat-surat saya.

(……………………)

6. Pak Budi menyikat sepatunya.

(……………………)

7. Pak pos mengecap surat-surat.

(……………………)

8. Saya mau memotong rumput di halaman.

(……………………)

9. Mbak Siska sedang menunggu suaminya.

(……………………)

10. Herna sedang mencoba baju barunya.

(……………………)

 

b. Tambahkan prefiks me- pada kata dasar yang berada di dalam kurung pada kalimat-kalimat di bawah ini!

1. Bapak sedang ……………………… (seterika) baju-baju saya.

2. Guru saya …………………….. (goreng) nasi.

3. Di sekolah saya ……………………. (ajar) murid-murid.

4. Hari ini saya ………………… (dapat) e-mail dari teman saya.

5. Maaf, apakah Anda bisa ………………………. (tolong) saya.

6. Boleh saya …………………….. (pesan) nasi goreng dan teh manis?

7. Besok Pak Danu akan ……………………… (bantu) saya mencuci mobil.

8. Ya, Pak besok saya akan ………………. (ketik) laporan saya.

9. Nonie akan …………………………(jemput) tamu di airport.

10. Saya ……………………. (pinjam) buku ini di perpustakaan Wisma Bahasa.

Leave a Reply

