Penutupan Program Beasiswa “The Third Promotion of Language Programme for ASEAN+3 Cooperation”


penutupan_deplu.jpgProgram pelatihan bahasa Indonesia bagi para diplomat ASEAN+3 berjudul the Third Promotion of Language Programme for ASEAN+3 Cooperation telah berakhir pada tanggal 21 September 2007. Program tersebut secara resmi telah ditutup oleh Direktur Mitra Wicara dan Antar Kawasan ASEAN yang mewakili Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN di Auditorium Hotel Jogjakarta Plaza, Yogyakarta, pada hari Jum’at, 21 September 2007. Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut adalah Wakil Gubernur Propinsi DI Yogyakarta, para Kepala Perwakilan negara-negara ASEAN+3, para pejabat Deplu serta pejabat dari instansi terkait lainnya di Yogyakarta.

Kegiatan yang telah diselenggarakan untuk ketiga kalinya ini dilaksanakan di Yogyakarta bekerja sama dengan Wisma Bahasa, selama 3 bulan, dari tanggal 25 Juni 2007 sampai dengan tanggal 21 September 2007 dan diikuti oleh 16 orang peserta dari 10 negara ASEAN +3 yaitu Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Jepang dan Korea Selatan.

Selama program, para peserta telah memperoleh pelajaran Bahasa Indonesia yang bersifat umum dan praktis, pelajaran budaya, sosial politik dan ekonomi Indonesia di dalam kelas. Mereka juga memperoleh pelajaran membatik, berlatih tarian tradisional, mengunjungi sejumlah obyek wisata dan tempat bersejarah setempat, melakukan interaksi dengan budaya dan masyarakat setempat, serta melakukan kunjungan ke Pemda, Universitas, LSM, dan instansi-instansi pemerintah dan swasta lainnya. Selain itu, para peserta juga mendapat kesempatan untuk mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi KemerdekaanRI ke-62 pada tanggal 17 Agustus yang lalu.

Di akhir program, para peserta menunjukkan kemampuan berbahasa Indonesia yang dipelajarinya selama ini dengan melakukan presentasi dalam bahasa Indonesia mengenai berbagai topik. Para peserta juga melakukan pentas seni yang meliputi pembacaan puisi, menampilkan lagu dan tarian.

Diharapkan dengan selesainya program ini, para peserta mampu berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dan memiliki apresiasi terhadap nilai-nilai seni dan budaya Indonesia yang akan bermanfaat dalam mempererat kebersamaan masyarakat ASEAN+3 sebagai satu komunitas.

Sumber: deplu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: