Sistem Pemerintahan di Negara Saya


Sistem pemerintahan Jepang adalah parlemen harus bertanggung jawab terhadap kabinet. Anggota kabinet terdiri dari menteri-menteri tetapi lebih dari setengah persennya harus dipilih dari anggota DPR. Menurut UUD Jepang, hanya anggota DPR saja yang bisa dipilih rakyat secara langsung karena Perdana Menteri akan dipilih oleh anggota DPR dan PM akan memilih menteri-menteri.

Oleh sebab itu, kekuatan rakyat terhadap kabinet akan menjadi lemah. Kalau kegiatan DPR sangat aktif, sistem pemerintahannya tidak bermasalah. Tetapi sekarang, karena masyarakat menjadi lebih kompleks dan tuntutan terhadap pemerintah dari rakyat juga menjadi lebih tinggi, peran kabinet jauh lebih besar daripada pertama kali UUD dibuat.
Akan tetapi, menteri-menteri kurang tahu bagaimana kebijakan yang baik untuk rakyat. Jadi, kekuatan birokrasi terlalu besar sampai sekarang.

Memang, waktu perekonomian Jepang masih sedang berkembang, sistem pemerintahan Jepang sangat berguna bagi perkembangan itu. Bagian birokrasi membuat banyak undang-undang untuk mengelola perekonomian Jepang. Boleh dikatakan bahwa untuk pertumbuhan ekonomi Jepang sampai saat ini tidak akan ada tanpa sistem birokrasi tersebut.

Akan tetapi akhir-akhir ini, birokrat dianggap seperti musuh bagi rakyat karena terungkapnya (ternyata ada) beberapa kasus KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme). Banyak kritik muncul terhadap birokrat. Sebenarnya, kabinet dan anggota DPR harus menguasai birokrasi, tetapi masalahnya mereka juga kurang mampu dan asyik mendapatkan keuntungan diri sendiri.

Menurut saya, kestabilan politik Jepang berdasarkan kemampuan birokrasi. Memang hal ini bertolak belakang dengan sistem yang dicita-citakan menurut UUD. Yang paling penting adalah rakyat harus menjadi pintar sehingga mereka pandai mengawasi politik. Tetapi, mendidik rakyat adalah tugas yang paling sulit.

Sachiko Furuya, pembelajar dari Jepang

Comments
One Response to “Sistem Pemerintahan di Negara Saya”
  1. bocahbancar says:

    Owh…

    Wakatta..

    Douzo Yoroshiku ne..^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: