Perbandingan Me-kan dengan Me- i


Kita akan belajar tentang perbedaan afiks me-kan dan me-i (the diferences).

1. Kalau kata dasarnya kata sifat. (if the root word is adjective)
Contoh:

– Dia tidak datang hari ini. Hal itu memarahkan saya. He did not come today. It made me angry. “S membuat O menjadi kata dasar”

– Karena anak itu nakal, ibu memarahi anak itu. Because the boy is naughty, mother was angry at him. “S membuat kata dasar kepada O”

2. Kata dasar kata kerja intransitif (The root word is intransitive verb) Contoh:

– Dia memasukkan mobilnya ke garasi. He took the car in garage. “S membuat O kata dasar di ……..”

– Dia memasuki rumah tua itu. He entered the old house. “S melakukan aktivitas kata dasar di O”

3. Kata dasar kata kerja transitif  (The root word is transitive verb)
Contoh:

– Pak Budi mengambilkan saya kopi. Pak Budi take a coffee for me. “S melakukan aktivitas kata dasar untuk O”

– Polisi memukulkan tongkat ke kaki pencuri. Police beat with stick to the leg of thief. “S melakukan aktivitas kata dasar memakai alat O”

– Setiap bulan Bapak mengirimkan uang kepada adik saya di Jogja. Every month father sends a letter to my sister in Jogja. “S membuat/menyebabkan objek langsung berpindah dari S ke orang lain”

– Pak Budi mengambili buku-buku di lantai. Pak Budi kept taking books on the floor. “S melakukan aktivitas kata dasar berkali-kali”

– Polisi memukuli kaki pencuri dengan tongkat. Police beat again and again the leg of thief using stick. “S melakukan aktivitas kata dasar berkali-kali ke O”

– Setiap bulan Bapak mengirimi adik saya uang setiap bulan. Father sends to me money every months. “S melakukan aktivitas kata dasar kepada objek tidak langsung”
Kesimpulan:

Dari penjelasan dan contoh-contoh di atas, dapat disimpulkan:

Objek dalam kalimat dengan menggunakan afiks me-kan cenderung dinamis atau mengalami perpindahan atau pergerakan. Sedangkan, kalimat dengan menggunakan afiks me-i cenderung statis atau tidak ada perpindahan maupun pergerakan. (Object in sentence using affix me-kan is tend to move (dynamic) while object in sentence using affix me – i is not moving (static).

 

Latihan

Lengkapilah kalimat dengan memberi affiks me-kan atau me-i pada kata yang berada di dalam tanda kurung! Complete the sentences below by adding affix me-kan or me-i on the words in the brackets.

Contoh:

– Air itu jatuh di baju saya. Air itu ____________ (basah) baju saya. = Air itu jatuh di baju saya. Air itu membasahi baju saya.

1. Karena sudah siang saya harus ______________ (bangun) anak saya.

2. Anak laki-laki itu suka ______________ (duduk) kusi saya.

3. Setiap ibu pasti ______________ (sayang) anaknya.

4. Tolong bantu saya ______________ (bersih) rumah!

5. Dia tidak mau _________________ (pinjam) bukunya kepada saya.

6. Setiap sore, Pak Paijo _______________ (tutup) pintu-pintu di Wisma Bahasa.

7. Jangan suka ______________ (bohong) temanmu.

8. Pak Heri ______________ (ajar) tata bahasa kepada saya.

9. Malam Minggu nanti saya akan _______________ (datang) pesta ulang tahun teman saya.

10. Buah mangga itu _________________ (jatuh) kepalanya.

Comments
4 Responses to “Perbandingan Me-kan dengan Me- i”
  1. Stacey Symons says:

    Hai, nama saya Stacey dan saya calon guru BIPA di Australia. Ini mau meminta bantuan. Saya sedikit bingung tentang me-kan yg benefactive. Kalimat yang mana yg benar?

    1. Saya membelikan ibu saya buku
    2. Saya membelikan buku untuk ibu saya

    Soalnya, saya ada 2 sumber. Yang pertama mengasih contoh 1, dan yg lain mengasih contoh 2. Tolong dibantu!!!

    • wismabahasa says:

      Terima kasih telah meninggalkan pesan di blog kami. Untuk jawaban pertanyaan Anda sbb:

      Struktur Me-kan benefaktif yang betul adalah nomor 1:
      Saya membelikan ibu saya buku.(karena arti -kan adalah untuk).
      Jadi, kalimat nomor 2. Saya membelikan buku untuk ibu saya, adalah redundan karena ada dua kata untuk.

      semoga bisa membantu

  2. Novriana says:

    Halo, nama saya Novriana. Saya menanyakan tentang penggunaan kata “melaporkan” karena ada contoh kalimat yang saya baca menyebutkan: “Ketua LSM telah melaporkan bupati jumlah korban bencana alam di daerah itu” dan dalam penjelasan artinya adalah “melapor jumlah bencana alam kepada bupati”
    Apa kalimat tersebut benar? Karena sepertinya terdengar aneh
    Terima kasih

Leave a Reply

