Binatang Besar dan Jelek yang Baik Hati


Saya datang ke Indonesia tiga minggu yang lalu untuk bekerja. Saya bekerja sebagai konsultan di Jakarta. Sekarang, saya belajar Bahasa Indonesia di Wisma Bahasa. Saya tinggal di Yogya sejak sepuluh hari yang lalu. Ketika saya pergi ke Plaza Hotel untuk berolah raga, saya bisa mendengarkan penyanyi Spanyol Julio Iglesias bernyanyi, sehingga saya merasa krasan di Yogya.Akhir minggu yang lalu, saya naik sepeda ke Prambanan supaya saya bisa lihat candi di sana. Di sepanjang jalan, saya senang karena jalan itu indah sekali. Tetapi saya tersesat sehingga saya harus minta bantuan. Saya bertemu dengan seorang nelayan yang sedang memancing di sungai. Dia bilang kepada saya tentang jalan yang benar. Sesudah itu, saya pergi lurus lewat sungai lalu sampai ke candi.

Di candi, seseorang bilang kepada saya bahwa umur candi itu lebih dari 1200 tahun. Dia bercerita bahwa pada waktu yang lalu ada sebuah danau yang besar. Tetapi tidak seorangpun sudah pernah menyeberangginya karena seekor binatang besar dan jelek sekali tinggal disana. Lalu datang seorang datang dari luar negeri, tetapi bukan orang biasa. Dia adalah alat tuhan untuk melakukan hal-hal baik di dunia. Jadi dia berbicara dengan binatang itu dan minta dia berpindah ke laut.

Karena orang itu orang yang sangat baik, binatang itu tidak bisa bilang”tidak”. Jadi dia pergi ke laut. Orang-orang di tempat itu membangun candi untuk berterima kasih kepada orang yang luar biasa itu.

Oleh: Marcos Sampablo Lauro
Level: Pre-Intermediate

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: