Arung Jeram di S. Serayu


Pada hari libur 7 Maret 2008 merupakan kesempatan yang bagus untuk melakukan aktifitas yang sedikit menantang. Beberapa murid (Joshua, Natasha, Steven, Jared, Persijn, Emily, Ester, Johanna, Sophie, dan Michael Muller) serta guru dan staff (Nonie, Totok, Mike, dan Maryadi) melakukan arung jeram di sungai Serayu pada hari itu. Grade sungai Serayu antara 3-4 dari 6 yang paling tinggi. Saat itu aliran sungai sangat baik untuk arung jeram karena air cukup tinggi. Panjang sungai yang kami arungi sepanjang 20 km dan ini ditempuh selama 3-4 jam.

Dari Wisma Bahasa kami berangkat jam 7.30 pagi dan sampai di Wonosobo jam 10.30 pagi. Sesampainya di sana kami mendapat briefing tentang apa yang harus kami lakukan ketika jatuh ke dalam sungai dan bagaimana cara memegang dayung. Sebelum arung jeram dimulai, ada kami melakukan pemanasan supaya badan tidak kaget dengan kerja keras yang akan dilakukan nanti.

Udara saat itu cukup panas jadi tak lupa kami memakai sun block. Saatnya turun nih. Beberapa peserta kelihatan cemas dan yang lainnya kelihatan sangat tidak sabar untuk melakukannya.

Akhirnya, arung jeram pun dimulai. Kami dibagi dalam 4 kelompok perahu/kapal, yang masing-masing beisi 6-7 orang termasuk pemandu. Tak seberapa lama kami sudah dihadang jeram yang cukup besar dan alhasil perahu kami menabrak dinding sungai. Kapal kami pun terbalik dan semua terjatuh. Pada awalnya menakutkan, bayangkan! Berada di dalam sungai yang berarus deras dan berbatu. Tetapi berkat bantuan guide dari tim AltEco dan teman-teman di kapal lain kami bisa diselamatkan. Pengalaman ini sangat menegangkan tetapi sangat mengasyikkan. Hampir semua peserta terjatuh ke dalam sungai. Tak terasa sudah 3 jam kami di dalam sungai. Rasanya tidak mau selesai tetapi langit sudah mulai gelap dan sepertinya akan turun hujan. Juga, karena kami sudah sampai di finish. Bagi teman-teman yang menyukai pengalaman menguji nyali saran saya sebaiknya tidak melewatkan pengalaman ini.

Comments
2 Responses to “Arung Jeram di S. Serayu”
  1. valens says:

    Wah, mau dong info detil tentang arung jeram serayu, harga dllnya. Termakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: