Frank Tool Ikut Panjat tebing di Pantai Siung


Cuaca yang cerah Minggu (2/3) siang itu, memantapkan langkah Fahrurrozi (24) berjalan ke arah tebing yang berada tepat di hadapan desiran ombak Pantai Siung. Bersama lima pemanjat lain, ia berencana memanjat jalur batu kuda yang berketinggian sekitar 25 meter.

Pantai Siung memang sudah terkenal dengan eksotisme tebing karangnya. Pantai yang terletak di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, ini berjarak sekitar 70 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Karang-karang itulah kekuatan alam yang mengagumkan dan bisa menjadi kegiatan atraktif, bahkan energi yang hidup bagi orang-orang yang memang gemar akan alam.

Setelah digunakan sebagai lokasi Asian Climbing Gathering pada 2005, pantai ini lalu dilengkapi dengan pondok pemanjat berupa pendapa panggung berukuran 3 meter x 3 meter, yang digunakan untuk beristirahat atau menginap.

Jalur pemanjatan dibuat di tebing curam dengan dinding tegak lurus membentuk sudut 90 derajat. Tebing ini tepat berada di bibir Pantai Siung. Karakter batuan kapurnya mengharuskan pemanjat untuk berhati-hati ketika menjejakkan kaki atau menggapai batuan dengan tangan.

Sebelum memasuki areal pemanjatan, terdapat papan bertuliskan etika panjat tebing yang dikeluarkan oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI). Di dalamnya berisi bagaimana seharusnya pemanjat bersikap, seperti menghormati adat-istiadat setempat serta hal-hal teknis yang tidak diperbolehkan dalam pemanjatan.

Seperti dilakukan Fahrurrozi, setelah memenuhi standar keamanan untuk memanjat, ia bersiap meniti tebing karang yang berada di sisi barat pondok pemanjat. Tak lama, ia sudah menempelkan tubuhnya dengan batuan di jalur yang dinamakan kuda laut ini.

Mahasiswa Jurusan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga ini mengaku sudah menekuni olahraga panjat tebing sejak dirinya masuk kuliah. Sejak 2001 hingga kini, sudah puluhan kali Fahrurrozi mengunjungi Pantai Siung untuk melakukan pemanjatan. Walau ditempuh sekitar dua jam dengan kendaraan bermotor, rasa penat di perjalanan seolah terbayar ketika tiba di lokasi. “Pemandangannya membuyarkan rasa jenuh,” ujarnya.

Tak beda jauh dengan yang dirasakan Frank Tool (27). Pemanjat asal California, Amerika Serikat, yang saat ini sedang belajar bahasa Indonesia di Wisma Bahasa, ini mengaku sangat menyukai keindahan panorama di Pantai Siung. “Pantainya bersih, tebingnya bagus, keindahannya membuat saya tak mau beranjak dari sini,” ujarnya.

Ketika memanjat pun, Frank merasa seperti bisa melampiaskan emosinya di tebing ini. “Saya seperti mendapatkan energi lebih ketika memanjat, terlebih ketika mendengar suara debur ombak dan angin laut,” tutur Frank.

Berdasarkan data FPTI DIY 2005, terdapat sekitar 45 jalur pemanjatan yang dibuat pada kurun waktu 2001-2003, dari 250 jalur yang berpotensi untuk dibuat, di tebing yang lokasinya bertebaran di sekitar pantai ini.

Pembuatan jalur pemanjatan sudah dimulai sejak tahun 2000 oleh para pemanjat di tebing-tebing yang tingginya antara 6-120 meter ini. Tebing-tebing itu terbagi atas 11 blok dari A-K dengan berbagai tingkat kesulitan jalur.

Tercatat oleh FPTI DIY, setidaknya terdapat empat event besar lainnya yang mengambil tempat di tebing ini, yaitu Temu Panjat Tebing se-Yogyakarta, Petualangan Pramuka Nasional RAIMUNA pada Mei 2003, serta Temu Wicara dan Kenal Medan Mahasiswa Pencinta Alam se- Indonesia pada Desember 2004. Kemudian, di akhir 2007, tempat ini kembali dijadikan sebagai ajang berkumpulnya pemanjat se-Indonesia pada Indonesian Climbing Gathering.

Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Pariwisata Gunung Kidul Birowo Adi mengatakan mulai tahun 2008 akan diadakan kegiatan- kegiatan rutin panjat tebing sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan keindahan tebing Pantai Siung kepada para wisatawan. (kompas)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: