Program e-Learning Wisma Bahasa


Program e-Learning (Electronic Learning) adalah pembelajaran jarak jauh yang menggunakan teknologi komputer, atau biasanya Internet (The e-learning Question and Answer Book, 2003). e-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi ke Wisma Bahasa.

Keuntungan belajar melalui e-Learning:

Fleksibilitas : pembelajar memiliki fleksibilitas untuk memilih waktu, topik, dan cara mengakses pelajaran. Waktu belajar bisa dipilih sesuai sesi penyelenggaran belajar di Wisma Bahasa (08.00-10.00; 10.00-12.00; 13.00-15.00; 15.00-17.00; 17.00-19.00) Waktu Indonesia Barat (WIB/GMT+7). Materi pelajaran juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pembelajar. Tentu saja waktu dan materi harus didiskusikan dulu dengan Wisma Bahasa. Anda tidak perlu melakukan perjalanan ke Wisma Bahasa, e-learning bisa diakses dari mana saja yang memiliki akses ke internet. Bahkan, dengan berkembangnya mobile technology (dengan palmtop, bahkan telepon selular jenis tertentu) semakin mudah mengakses e-Learning.

Biaya. Banyak biaya baik dari segi finansial maupun non-finansial yang bisa dihemat dari cara pembelajaran dengan e-learning. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi dan akomodasi. Anda juga tidak perlu meninggalkan pekerjaan, kota, dan keluarga. Anda hanya perlu memberikan waktu selama belajar saja. Sesudah itu, Anda bisa beraktivitas rutin lagi.

Bagaimana prosedurnya?

E-learning memberikan cara alternatif untuk belajar. Pemanfaatan e-learning secara optimal pun tergantung dari beberapa kondisi yang harus dipenuhi.

Tujuan. Sebelum memutuskan untuk mengikuti e-learning, Anda harus menentukan tujuan dan ekspektasi belajar Anda. Tujuan ini hendaknya dikaitkan dengan tujuan pribadi ataupun tujuan bisnis Anda secara langsung yang spesifik dan terukur. Wisma Bahasa akan membantu Anda melalui “Registration Form”

Sarana. Anda harus memiliki sarana belajar, seperti komputer, headset, webcam (terutama level beginner), akses internet, program Skype atau YM (Wisma Bahasa biasanya menggunakan Skype). Jika Anda belum memiliki program tersebut, Wisma Bahasa akan membantu Anda.

Registrasi. Jika Anda sudah memutuskan belajar melalui e-Learning, silakan Anda mengisi Registration Form, silakan klik di sini. Selama proses registrasi, Anda bisa mencoba koneksi internet selama maksimal 30 menit.

Jadwal. Sesudah persyaratan teknis dan persyaratan administrasi dipenuhi, Anda mengatur jadwal kursus bersama Wisma Bahasa. Kursus ini bisa dilakukan dengan atau tanpa webcam. Kursus kelas Beginner harus dilakukan dengan webcam. Kelas Intermediate dan Advanced bisa dilakukan dengan atau tanpa webcam. Untuk kelas Beginner, 1 paket kursus (40 jam atau 20 sesi) harus diselesaikan selambat-lambatnya dalam waktu 2 bulan. Kelas Intermediate dan Advanced, 1 paket kursus (40 jam atau 20 sesi) harus diselesaikan selambat-lambatnya dalam waktu 3 bulan.

Belajar. Jika terjadi kegagalan koneksi internet selama belajar, maka waktu yang tersisa akan diganti. Jumlah gangguan diakumulasikan pada akhir program dan kompensasi diberikan pada akhir program. Perhitungan jam kompensasi dihitung berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

Materi belajar. Materi akan dikirimkan sebelum pelajaran dimulai.

Untuk informasi lebih lanjut silakan kirim email ke wisba@wisba.famili.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: