Aksi Sosial ke SD Kanisus Kenalan


Pada hari Sabtu, 9 Agustus 2008, masih dalam rangkaian acara ulang tahun yang ke-26, Wisma Bahasa dan Yayasan Suara Bhakti mengadakan acara Aksi Sosial di SD Kanisius Kenalan yang berada di kecamatan Borobudur, kabupaten Magelang, propinsi Jawa Tengah. Sekolah Dasar Kanisius Kenalan ini adalah SD dampingan Community Development YSB sejak tahun 2004. Desa Kenalan terletak di kawasan pegunungan Menoreh sehingga kendaraan-kendaraan besar agak sulit untuk mencapai daerah tersebut. Acara tersebut diikuti oleh murid dan guru WB-BIPA, staf WB-ED, staf PeMad, serta staf dan volunteer CD-YSB.

Acara Aksi Sosial di SD Kanisius Kenalan dibuka dengan sambutan selamat datang oleh Bapak Suroto selaku kepala sekolah SD tersebut, disambung dengan sepatah dua patah kata dari Bapak Agus sebagai wakil Yayasan Suara Bhakti. Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan kepada pihak sekolah berupa sebuah pesawat televisi beserta DVD player, 76 judul VCD pengetahuan dan hiburan untuk anak, poster pendidikan, serta satu set alat tulis untuk setiap siswa. Penyerahan bingkisan ini dilakukan oleh para murid Wisma Bahasa (Indonesia) dan disambut dengan senang hati oleh pihak sekolah dan para siswa. Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke setiap kelas dan melihat kegiatan para siswa pada hari itu. Pada siang itu para siswa sedang berlatih tari tradisional yang dipimpin oleh salah seorang karyawan SD tersebut. Setelah acara latihan menari, para pengunjung disuguhi dengan pertunjukan kesenian tradisional jathilan. Seluruh pemain jathilan ini adalah siswa dan guru SD tersebut. Pengunjung sangat antusias melihat pertunjukan ini, bahkan Pak Agus dan Mas Agung ikut njathil bersama para siswa. Pertunjukan ini berakhir setelah para pengrawit kocar-kacir dengan sedikit takut karena ada beberapa siswa pemain jathilan yang ndadi.

Rangkaian acara Aksi Sosial ini diakhiri dengan penutupan oleh Bapak Suroto dan Bapak Agus. Sebelum pamitan, para pengunjung dan para siswa sekolah berkesempatan untuk berfoto bersama. Setelah acara foto bersama, pengunjung berpamitan dengan pihak sekolah dan para siswa.

Sebelum kembali ke Yogyakarta, para pengunjung diajak makan siang ke rumah Mas Kris, salah seorang volunteer CD-YSB yang rumahnya hanya berjarak beberapa kilometer dari sekolah. Walaupun hanya berjarak dekat, namun perjalanan menuju ke rumah Mas Kris sangat berat dan beberapa penumpang mobil terpaksa harus berjalan kaki karena medan yang berat. Di rumah Mas Kris, pengunjung disuguhi dengan menu makan siang tradisional berupa nasi pecel dengan lauk tahu, tempe dan ikan serta minuman es kelapa muda.

Setelah makan siang dan beristirahat sejenak, para pengunjung berfoto bersama tuan rumah dan berpamitan untuk pulang ke Yogyakarta.

Comments
2 Responses to “Aksi Sosial ke SD Kanisus Kenalan”
  1. ujromo says:

    dh,

    selamat yach
    aku yusup/sulis (wates)
    semoga tuhan selalu memberkati
    amin

    salam

  2. Burhan says:

    Semoga perhatian-nya terhadap mereka sungguh menggugah nilai dan semangat juang kita semuanya. Selamat berjuang Wisma Bahasa! Selamat berjuang SD Kanisius Kenalan!
    Semoga nilai ini mencerdaskan kehidupan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: